Tips & Artikel

MENGENAL FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB JERAWAT

08 July 2015 | By: Ergia

MENGENAL FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB JERAWAT

MENGENAL FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB JERAWAT

 

Faktor hormonal merupakan salah satu penyebab terbesar munculnya jerawat membandel yang biasanya terkait dengan masalah hormonal pada usia remaja atau puber. Pada umumnya, jerawat mulai muncul pada usia 10 – 15 tahun dan akan hilang pada usia 25 tahun. Namun, pada 20% kasus, jerawat bisa berlanjut hingga usia seseorang mencapai 40 tahun -  50 tahun.

 

Faktor risiko munculnya jerawat juga dapat terjadi pada kondisi-kondisi tertentu. Misalnya, pada wanita yaitu 2-7 hari sebelum periode menstruasi, pada wanita hamil, dan pada pasien penggunaan obat-obatan tertentu seperti kortison, steroid, testoteron, estrogen, dan fenitoin.

 

Selain itu, beberapa kebiasaan dan pola makan yang buruk pun dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat. Nah, apa sajakah itu?

 

1. Malas mencuci muka usai bepergian atau beraktivitas di luar

Malas mencuci muka usai bepergian atau beraktivitas di luar ruangan menyebabkan minyak, debu, kotoran, dan bakteri menumpuk di kulit wajah. Hal ini akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang memicu tumbuhnya jerawat.

 

2. Malas mencuci rambut (keramas)

Seseorang yang malas mencuci rambut atau keramas, apalagi ia memiliki tipe kulit kepala berminyak, akan menyebabkan rambut cepat lepek dan berminyak. Rambut berminyak yang bercampur dengan debu, kotoran, maupun bakteri, apabila sering menyentuh area wajah, lama-kelamaan dapat menimbulkan jerawat.

 

3. Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda

Soda dapat menciptakan reaksi inflamasi (peradangan) pada tubuh, karena bahan minuman segar ini mengandung aspartame yang dapat meningkatkan jerawat. Di samping itu, soda juga bersifat menurunkan tingkat pH kulit, sehingga dapat menyebabkan jerawat.

 

4. Sering mengkonsumsi makanan / minuman dengan kadar gula tinggi

Konsumsi gula yang berlebih dari sederet makanan seperti coklat, biskuit, permen, dan minuman bersoda akan meningkatkan kadar insulin dalam darah yang dapat memicu produksi hormon androgen, yaitu hormon penyebab kulit berminyak. Pada kulit yang berminyak akan mudah sekali tumbuh jerawat membandel.

 

5. Kurang menjaga kebersihan benda-benda yang sering kontak dengan kulit

Jerawat membandel juga dapat disebabkan oleh adanya suatu friksi atau tekanan pada kulit yang disebabkan oleh hal hal tertentu. Seperti : penggunaan telepon atau handphone, helm, baju yang terlalu ketat, dan tas ransel.

 

Selain itu,jerawat juga dapat timbul karena adanya reaksi alergi, misalnya alergi susu, makanan laut, makanan berlemak, buah-buahan tertentu (biasanya buah-buahan tropis seperti mangga, durian, nangka, alpukat, dll). Untuk kasus ini, tumbuhnya jerawat bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan Vitamin E.

 

Jadi mulai sekarang hindarilah faktor-faktor yang dapat menyebabkan jerawat agar kulit dan wajah Anda senantiasa terbebas dari jerawat.Mencuci muka secara teratur adalah langkah penting mencegah timbulnya jerawat, karena dengan rajin mencuci muka akan membantu menghilangkan minyak dan kotoran dipermukaan kulit. Namun,saat mencuci muka sebaiknya jangan menggosok wajah secara berlebihan. Hal itu akan meningkatkan produksi kelenjar minyak (sebaceous) yang dapat menyebabkan permasalahan kulit wajah termasuk jerawat. (*) 

Tags: jerawat